Pemetaan Lansia

Posisi

Tenaga Pemetaan Lansia

Deskripsi

Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat pertama (primary health care) memiliki keterbatasan jumlah tenaga kesehatan, sehingga sulit untuk melakukan pengumpulan data lansia, sehingga data lansia yang dimiliki puskesmas belum lengkap. Belum terdatanya jumlah lansia dengan tepat berakibat kepada belum optimalnya pemantauan terhadap kondisi kesehatan lansia diwilayah setempat.
Kelengkapan dan validitas data atau informasi lansia merupakan syarat mendasar dalam menyusun program/kegiatan, terkait kegiatan promotif atau preventif kesehatan. Karena kekurangan SDM, puskesmas membentuk skema kader untuk melibatkan masyarakat sekitar yang mau membantu puskesmas menjalankan peran promotif dan preventif kesehatan.
Kader yang secara sukarela membantu puskesmas, mayoritas tidak memiliiki latar belakang kesehatan, sehingga perlu adanya peningkatan kapasitas kader puskesmas agar mereka memiliki kompetensi untuk melakukan pendataan dan pengecekan kesehatan dasar.
Kegiatan ini setara dengan 20 SKS

Tujuan Kegiatan

  • Pengumpulan database lansia di wilayah yang dituju
  • Meningkatkan kapasitas kader dalam melakukan pengecekan kesehatan dasar
  • Pengembangan sistem informasi deteksi dini lansia
Tujuan proyek ini adalah meningkatkan jumlah dan kualitas data lansia yang valid. Serta membantu Puskesmas Pondok Ranji dalam menyusun program ramah lansia.

Magang Pemetaan Lansia

apartment

 Puskesmas Pondok Ranji

place

 Tangerang Selatan

schedule

 23 Juli - 31 Desember 2022